""
Daftar Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat  
     
1. Pedoman Penyelenggaran Administrasi
  a. Pedoman Pengelolaan Organisasi Download
  b. Pedoman Pengelolaan Administrasi (Tata Naskah Dinas) Download
  c. Pedoman Pengelolaan Kepegawaian Download
  d. Pedoman Pengelolaan Keuangan Download
2. Data Statistik
  a. Data Statistik Kemahasiswaan Download
  b. Data Statistik Kepegawaian Download
  c. Data Statistik Keuangan Download
3. Kerjasama
  a. Daftar Mitra Kerjasama Nasional Download
  b. Daftar Mitra Kerjasama Internasional Download
  c. Dokumen Perjanjian Kerjasama (Nota Kesepahaman/Nota Kerjasama/Sejenisnya berikut Dokumen Pendukungnya) Download
4. Dokumen Surat-Surat
  a. Dokumen Surat Menyurat Pimpinan atau Pejabat Institusi dalam Rangka Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Download
5. Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dan Barang Milik IPB
  a. Pedoman Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dan Barang Milik IPB (BMI) Download
  b. Laporan Barang Milik Negara (BMN) dan Barang Milik IPB (BMI) Download
6. Pelanggaran Disiplin dan Penindakan
  a. Jumlah Pelanggaran Disiplin dan Penindakan Terhadap Pegawai Download
7. Formulir Pelayanan Publik
  a. Formulir Permohonan Informasi Download
  b. Formulir Tanda Terima Permohonan Informasi Download
  c. Formulir Pengajuan Keberatan Download
  d. Rekap Register Permohonan Informasi Download
8. Klasifikasi Arsip
  a. Klasifikasi Arsip Substansif Download
  b. Klasifikasi Arsip Fasilitatif Download

 

Padang (FTUA) – Dua Guru Besar Fakultas Teknik, Prof. Ikhwana Elfitri, Ph.D dan Prof. Febrin Anas Ismail dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap dari Fakultas Teknik yang dilaksanakan di Gedung Convention Hall Universitas Andalas pada hari Selasa (26/09/2023). Pengukuhan ini ditandai dengan pemasangan kalung kehormatan oleh Ketua Dewan Profesor, Prof. Apt. Marlina yang langsung disaksikan oleh Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, S.H, M.H.

Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala  
         
  1. Profil Institusi
  a. Alamat Lengkap Klik disini  
  b. Visi Misi Klik disini  
  c. Struktur Organisasi Klik disini  
  d. Tugas dan Fungsi Unit Kerja Klik disini  
  e. Alamat Lengkap Satuan Unit Kerja Klik disini  
  f. Rencana Strategis    
    Tahun 2016-2020 Download  
    Tahun 2021-2025 Download  
  2. Profil Pimpinan
  Profil Singkat Pimpinan dan Pejabat Struktural Perguruan Tinggi Tiga Level ke Bawah Klik disini  
  3. Kegiatan dan Kinerja Institusi
  a. Daftar Isian Pelaksanaan Rencana Kerja Anggaran dan Tahunan (RKAT) :    
    Tahun 2021 Download  
    Tahun 2022 Download  
    Tahun 2023 Download  
  b. Laporan Akuntabilitas Kinerja :    
    Tahun 2021 Download  
    Tahun 2022 Download  
    Tahun 2023 Download  
  c. Perjanjian Kinerja Rektor dan Dekan :     
    Tahun 2021 Download  
    Tahun 2022 Download  
    Tahun 2023 Download  
  d. Program Kerja Strategis (Tahun 2023) dan Unit Kerja Terkait Download  
  4. Penerimaan Mahasiswa Baru  
  a. Jenis dan Jenjang Pendidikan    
    Program Sarjana (S1) Klik disini  
    Program Pascasarjana (S2) Klik disini  
    Program Doktor (S3) Klik disini  
  b. Jalur Penerimaan    
    Program Sarjana (S1)    
    1. Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Klik disini  
    2. Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) Klik disini  
    3. Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer Klik disini  
    Program Pascasarjana (S2) Klik disini  
    Program Doktor (S3) Klik disini  
  c.  Program Studi dan Daya Tampung    
    Program Sarjana (S1) Klik disini  
    Program Pascasarjana (S2) Klik disini  
    Program Doktor (S3) Klik disini  
  d. Biaya Pendidikan    
  5. Administrasi Pendidikan
    Kalender Akademik Klik disini  
  6. Kemahasiswaan
  a. Fasilitas Kampus Klik disini  
  b. Organisasi Mahasiswa Klik disini  
  c. Beasiswa Klik disini  
  d. Program Penyangga Kesehatan Mahasiswa Klik disini  
  e. Pembinaan Prestasi Mahasiswa Klik disini  
  f. Pengembangan Karir Klik disini  
  g. Pusat Layanan Mahasiswa (Student Service Centre) Klik disini  
  7. Kepegawaian
    Pengumuman Rekrutmen Pegawai dan Hasilnya Klik disini  
  8. Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat    
  a. Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Klik disini  
  b. Daftar Hasil-Hasil Penelitian Tahun 2019-2023 Klik disini  
  c. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Klik disini  
  d. Seminar-seminar Hasil Penelitian Klik disini  
  e. Publikasi Ilmiah:    
    Klinik Publikasi Klik disini  
    Repository Ilmiah Klik disini  
    Jurnal Ilmiah Klik disini  
  9. Keuangan dan Institusi
  a. Laporan Keuangan (Audited)    
    Tahun 2021 Download  
    Tahun 2022 Download  
    Tahun 2023 Download  
  b. Pedoman Pengelolaan Keuangan Download  
  10. Produk Hukum
    Peraturan Rektor Unand Download  
  11. Pengelolaan Informasi Publik
  a. Daftar Informasi Publik Klik disini  
  b. Daftar Informasi yang Dikecualikan Klik disini  
  c. Standard Operating Procedure (SOP) Pengelolaan Permohonan Informasi Klik disini  
  d. Standard Operating Procedure (SOP) Pengelolaan Keberatan atas Informasi Klik disini  
  e. Standard Operating Procedure (SOP) Penanganan Sengketa Informasi Publik Klik disini  
  f. Standard Operating Procedure (SOP) Penetapan dan Pemutakhiran Daftar Informasi Publik Klik disini  
  g. Standard Operating Procedure (SOP) Pengujian tentang Konsekuensi Klik disini  
  h. Standard Operating Procedure (SOP) Pendokumentasian Informasi Publik Klik disini  
  i. Standard Operating Procedure (SOP) Pendokumentasian Informasi yang Dikecualikan Klik disini  
  j. Tata Cara Permohonan Informasi Publik Klik disini  
  k. Kegiatan Pelayanan yang Telah dan Sedang Dalam Pelaksanaan Klik disini  
  l. Sarana dan Prasarana Layanan yang Dimiliki beserta Kondisinya Klik disini  
  m. Sumberdaya yang Menangani Layanan Klik disini  
  n. Jadwal Pelayanan Klik disini  
  o. Maklumat Pelayanan Klik disini  
  p. Standar Biaya Layanan Klik disini  
  12. Tata Cara Pengaduan Penyalahgunaan Wewenang atau Pelanggaran
  a. Tata Cara Pengaduan Penyalahgunaan Wewenang Pejabat Institusi Klik disini  
  b. Tata Cara Pengaduan Pelanggaran Disiplin Pegawai Klik disini  
  13. Panduan Keselamatan, Kesehatan Kerja, Lindungan Lingkungan, Peringatan Dini dan Evakuasi Keadaan Darurat
  a. Panduan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan Klik disini  
  b. Prosedur Peringatan Dini dan Evakuasi Keadaan Darurat Klik disini  
  14. Laporan Akses Informasi Publik
  a. Ringkasan Permohonan Informasi Publik:    
    Tahun 2021 Klik disini  
    Tahun 2022 Klik disini  
    Tahun 2023 Klik disini  
  b. Ringkasan Keberatan Informasi Publik :    
    Tahun 2021 Klik disini  
    Tahun 2022 Klik disini  
    Tahun 2023 Klik disini  
  c.  Jumlah Pemohon Informasi Publik yang Diterima :    
    Tahun 2021 Klik disini  
    Tahun 2022 Klik disini  
    Tahun 2023 Klik disini  
    Register Pemohon Informasi :    
    Tahun 2021 Klik disini  
    Tahun 2022 Klik disini  
    Tahun 2023 Klik disini  
  d. Waktu yang Diperlukan dalam Memenuhi Setiap Permohonan Informasi Publik :    
    Tahun 2022 Klik disini  
    Tahun 2023 Klik disini  
  e. Jumlah Permohonan Informasi Publik, Baik yang Dikabulkan Sebagian Maupun Seluruhnya :    
    Tahun 2022 Klik disini  
    Tahun 2023 Klik disini  
  f. Alasan Penolakan Permohonan Informasi Publik :    
    Tahun 2022 Klik disini  
    Tahun 2023 Klik disini  
  15. Laporan Layanan Informasi
    PPID Tahun 2023 Klik disini  
  16. Laporan Kinerja
    Tahun 2021 Klik disini  
    Tahun 2022 Klik disini  
    Tahun 2023 Klik disini  
  17. Berita Institusi     
  18. Agenda Kegiatan Institusi     
         
Selasa, 19 September 2023 17:28

Dekan Lepas Mahasiswa Teknik Unand ke ITERA

Padang- Dekan beserta jajaran pimpinan Fakultas Teknik melepas mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Andalas sebagai Finalis Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) ke Universitas Teknologi Sumatera (ITERA) pada hari Selasa tanggal 19 September 2023 di Ruang Siang Dekanat Lt. II Fakultas Teknik Unand.

Jumat, 15 September 2023 07:33

SOP-SOP K3L

Written by

SOP-SOP K3L:

1. SOP Divisi Pencegahan Kebakaran Tanggap Darurat [Download]

2. SOP Divisi Kesehatan Kerja dan HI

3. SOP Divisi Manajemen K3

4. SOP Divisi Manajemen Lingkungan [Download]

Jumat, 15 September 2023 07:13

Divisi dan Tupoksi

Written by

Organisasi Tatakelola (OTK)

Unit Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L)

Fakultas Teknik Universitas Andalas

 

Tugas Pokok Unit K3L FT

  1. Merupakan unit pengelola/ manajemen risiko Keselamatan, Kesehatan Kerja & Lingkungan (K3L) di Kampus Fakultas Teknik Unand.
  2. Mengelola kondisi darurat dan krisis yang mungkin terjadi di Kampus Fakultas Teknik Unand.
  3. Memberikan dukungan dan saran bagi kegiatan belajar mengajar, riset, kegiatan laboratorium, bengkel agar berlangsung secara selamat, sehat, dan ramah lingkungan.

Fungsi Unit K3L

  1. Menyusun, menyelenggarakan program dan prosedur K3L yang meliputi pencegahan, mitigasi risiko, pengelolaan insiden, pencegahan cidera, dan penyakit akibat kerja.
  2. Merupakan unit penyelenggara pelatihan K3L.
  3. Memberikan saran dan koordinasi kepada pihak terkait untuk implementasi K3L.
  4. Merupakan unit penyelenggara promosi, audit, inspeksi dan pengelolaan insiden K3L.

Tupoksi Ketua Unit K3L

  1. Sebagai koordinator pengelola/ manajemen risiko Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) di Kampus Fakultas Teknik Unand.
  2. Sebagai koordinator pengelola kondisi darurat dan krisis yang mungkin terjadi di Kampus Fakultas Teknik Unand.
  3. Sebagai koordinator dalam memberikan dukungan dan saran bagi kegiatan belajar mengajar, riset, kegiatan laboratorium, bengkel agar berlangsung secara selamat, sehat dan ramah lingkungan
  4. Menyusun dan menyelenggarakan program, prosedur dan pelatihan K3L yang meliputi pencegahan, mitigasi risiko, pengelolaan insiden K3L, pencegahan cidera, dan penyakit akibat kerja.
  5. Sebagai koordinator penyelenggara promosi, audit, inspeksi dan pengelolaan insiden K3L.

Tupoksi Koordinator Divisi Manajemen K3

  1. Menyusun dan menyelenggarakan program dan prosedur manajemen K3, meliputi pengelolalaan risiko K3, seperti kegiatan lalulintas, kegiatan di dalam dan luar gedung, kegiatan di laboratorium, kegiatan kontraktor dan kegiatan tamu acara di kampus Fakultas Teknik Unand.
  2. Memberikan saran dan koordinasi kepada pihak terkait di Fakultas Teknik Unand untuk implementasi Manajemen K3.
  3. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan promosi, pelatihan, audit, inspeksi dan penanggulangan insiden terkait Manajemen K3.
  4. Melakukan perencanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap seluruh kegiatan/ program K3.
  5. Melaksanakan investigasi insiden berkoordinasi dengan unit terkait.akukan perencanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap seluruh kegiatan/ program K3
  6. Melakukan monitoring kinerja K3 yaitu statistik insiden dan proses pelaksanaan kegiatan/ program.

Tupoksi Koordinator Divisi Kesehatan Kerja dan Higienis

Tupoksi Koordinator Divisi Manajemen Pencegahan Kebakaran dan Tanggap Darurat

  1. Menyusun dan menyelenggarakan program pencegahan kebakaran dan tanggap darurat di lingkungan Fakultas Teknik Unand
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kedaruratan
  3. Mengelola kondisi darurat dan krisis yang mungkin terjadi.
  4. Melaksanakan inspeksi dan pengujian proteksi kebakaran dan kedaruratan

 Tupoksi Koordinator Divisi Manajemen Lingkungan

  1. Menyusun prosedur dan melaksanakan program pengelolaan limbah laboratorium, kantor, dan limbah yang dihasilkan dari kegiatan sivitas Fakultas Teknik Unand.
  2. Menyusun kajian analisis risiko bahaya aspek dampak lingkungan (limbah dan fauna) di Fakultas Teknik Unand.
  3. Melaksanakan pemberian edukasi serta pengelolaan dan pelestarian lingkungan (konservasi) Fakultas Teknik Unand sebagai kawasan green campus.
  4. Melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam pelaksanaan dan pemantauan manajemen lingkungan kampus Fakultas Teknik Unand
  5. Merupakan unit penyelenggara promosi, pelatihan, audit, inspeksi dan pengelolaan insiden untuk proteksi lingkungan kampus (pelatihan pengelolaan limbah laboratorium, limbah B3, dan penerapan 3R – reduce, reuse, recycle)
Jumat, 15 September 2023 07:10

Kebijakan K3L

Written by

Kebijakan

Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L)

Fakultas Teknik Universitas Andalas

 

Kami berkomitmen untuk :

  1. Membangun lingkungan kerja yang aman, sehat dan produktif bagi seluruh karyawan dan orang lain (termasuk pihak ke-3 dan pengunjung) di tempat kerja.
  2. Memenuhi semua peraturan perundang-undangan pemerintah yang berlaku dan persyaratan lainnya yang berkaitan dengan penerapan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) di tempat kerja.
  3. Melakukan perbaikan berkelanjutan terhadap Sistem Manajemen dan Kinerja K3L guna meningkatkan Budaya K3 yang baik di tempat kerja.

Untuk mencapainya, kami akan :

  1. Membangun dan memelihara Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan berkelanjutan serta sumber daya yang relevan.
  2. Membangun tempat kerja dan pekerjaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan persyaratan lainnya terkait K3.
  3. Memberikan pendidikan ataupun pelatihan terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan kepada tenaga kerja untuk meningkatkan kinerja K3L Fakultas Teknik.
Jumat, 15 September 2023 04:53

Struktur Organisasi PPID Fakultas Teknik

Written by

Struktur Organisasi PPID Fakultas Teknik

Dengan lahirnya Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) maka sudah menjadi tugas dan setiap badan publik untuk mengadopsi dan mengatur skema publik demi mendukung tujuannya tersebut. Skema publik memfasilitasi pemberitaan yang mendukung informasi, memainkan peranan penting dan memberikan keterbukaan yang lebih luas dan transparan dalam sektor publik.

A. Atasan PPID Pelaksana

          Dekan Fakultas Teknik: Prof. Ikhwana Elfitri, Ph.D

B. PPID Pelaksana

          Wakil Dekan II: Dr. Eng. Eka Satria

C. Tim Pertimbangan Layanan Informasi

          Wakil Dekan I: Dr. Eng. Slamet Raharjo

D. PPID Pelaksana Pembantu

          Ketua Departemen Teknik Sipil: Yosritzal, Ph.D

          Ketua Departemen Teknik Mesin: Devi Chandra, Ph.D

          Ketua Departemen Teknik Industri: Feri Afrinaldi, Ph.D

          Ketua Departemen Teknik Lingkungan: Rizki Aziz, Ph.D

          Ketua Departemen Teknik Elektro: Prof. Dr. Eng. M. Ilhamdi Rusydi

E. Bidang Pelayanan Administrasi

          Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan: Dr. Eng. Dendi Adi Saputra

          Manajer Penelitian dan PkM: Prof. Syafii, Ph.D

          Manajer SDM dan TIK: Prof. Dr. Eng. Lovely Son

          Manajer Perencanaan, Kerjasama dan Alumni: Dr. Eng. Dicky Fatrias

          Kepala Kantor: Erma Dwita, S.Sos, M.Pd

          Kasi Keuangan dan Aset: Sri Hastuti, S.Pt

          Kasi Administrasi Umum: Fitra Mauledi, S.Sos

 

Kamis, 14 September 2023 11:48

Profil PPID Fakultas Teknik

Written by

Selamat Datang di Layanan Informasi Fakultas Teknik Universitas Andalas

 

Sesuai amanat UU No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), UNAND sebagai badan publik memenuhi kebutuhan informasi dengan membuat Layanan Informasi Publik. Pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Universitas Andalas Pertama Kalinya Tahun 2015 Melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Andalas Nomor : 456/XIII/A/UNAND-2015. Layanan Informasi Publik UNAND juga disediakan untuk memudahkan publik mendapatkan informasi tentang UNAND. Publik berhak mengajukan informasi publik yang dikelola oleh UNAND sesuai ketentuan-ketentuan yang berlaku. UNAND melayani seluruh permohonan informasi melalui Layanan Informasi Publik secara online, dan juga secara offline (datang langsung, surat elektronik, telepon, dll).

Waktu Layanan 
Senin - Kamis 08.00 - 15.30 WIIB
Jumat : 08.00 - 16.00 WIB

Waktu Istirahat
Senin - Kamis : 12.00 - 13.00
Jum'at : 12.00 - 13. 30

Alamat dan Kontak  

Dekanat Fakultas Teknik Limau Manis Padang, Kode pos 25163. 

Telepon : (+62) 75172947,

Fax       : (+62) 75172566.

E-mail   : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website : ft.unand.ac.id

   

Padang (FTUA)- Kegiatan Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan dalam Tradisi Ilmiah (BAKTI) mahasiswa baru Prodi S1 ditutup secara resmi oleh Dekan, dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik Universitas Andalas, Prof. Dr. Eng. Slamet Raharjo pada hari Sabtu (2/9/2023) di Auditorium Universitas Andalas. Acara penutupan ini dihadiri oleh Wakil Dekan II, Ketua Departemen, Kaprodi S1 T.Mesin, T. Sipil, T. Industri, T.Lingkungan, T. Elektro dan Kaprodi Arsitektur, Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan, Manajer SDM dan Teknologi Informasi, Manajer Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Manajer Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Alumni, Kepala Kantor Sekretariat, Kepala Seksi Administrasi Umum, Kepala Seksi Keuangan dan Aset, dan beberapa orang Tenaga Kependidikan. Juga menghadirkan Alumni Fakultas Teknik Roffi Ardinata, ST dari PT Pertamina Rozidateno Putri Hanida, S.IP, M.PA.

Rangkaian acara penutupan diawali dengan Laporan Panitia BAKTI, Prof. Dr.Eng. Dendi Adi Saputra. Dilanjutkan dengan Sambutan dan Pengenalan Pimpinan Fakultas, Pimpinan Departemen, Koordinator Kemahasiswaan, Ketua Lembaga Kemahasiswaan oleh Dekan FT Unand diwakili oleh Wakil Dekan 1, Dr. Eng. Slamet Raharjo. Kemudian penyampaian materi motivasi dari alumni oleh Roffi Ardinata, ST, Pengumuman Mahasiswa Berprestasi Tahun 2023, Pemaparan tentang Peraturan Akademik dan Kemahasiswaan Prodi Sarjana oleh Wakil Dekan I, Penjelasan tentang UKT dan Fasilitas Kampus oleh Wakil Dekan II. Rangkaian berikutnya dilanjutkan dengan kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual yang disampaikan oleh Rozidateno Putri Hanida, S.IP, M.PA. Kegiatan ditutup dengan Pelantikan Mahasiswa Baru Fakultas Teknik Universitas Andalas Angkatan 2023 oleh Lembaga Kemahasiswaan oleh Gubernur BEM KM-FT Unand dan Foto Bersama.

 

Kuesioner Kepuasan Pengguna Lulusan Magister, Doktor dan Tracer Study PascaSarjana