23 Jun 2021

Fakultas Teknik Universitas Andalas Bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh mengadakan acara Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Ahli Muda (SKA) Jalur SIBIMA (Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri) serta Pembekalan dan Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Terampil bidang kontruksi di Gedung Convention Hall dan Gedung Perpustakaan Lantai V kampus Unand Limau Manis. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yang dimulai pada 22-24 Juni yang diikuti sebanyak 1.028 peserta dengan mekanisme kegiatan 40% online dan 60% offline. 

Ketua panitia, Dr. Nurhamidah, MT, M.EngSc mengatakan bahwa acara ini terwujud untuk mewujudkan kualitas dan kuantitas tenaga kerja konstruksi terampil bersertifikat bidang jasa konstruksi guna mendukung proses pelaksanaan infrastruktur di Indonesia secara umum dan Provinsi Sumatera Barat khususnya.

Sementara itu, Kepala Balai Konstruksi Wilayah I Banda Aceh, Ir. M. Hilal, MT mengatakan bahwa Balai Konstruksi Wilayah I Banda Aceh menjadi bagian dari jasa konstruksi memberikan pembinaan untuk masyarakat kontruksi.  Kerjasama antara FT Unand dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh juga sebagai bentuk kerjasama Kemendikbud ristek dengan KemenPUPR.

Peserta Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Ahli Muda (SKA) Jalur SIBIMA (Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri) terdiri dari mahasiswa akhir dan alumni sedangkan pembekalan dan fasilitasi Uji Sertifikat Kompetensi Keterampilan bidang konstruksi diikuti oleh mahasiswa aktif kuliah. 

Wakil Dekan III Fakultas Teknik Unand Dr. Eng. Slamet Raharjo menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat mendekatkan mahasiswa menjadi professional dengan pembelajaran praktis. Kedepannya, Fakultas Teknik Unand merencanakan untuk menambah berbagai pelatihan sertifikasi kompetensi untuk mahasiswa sehingga menjadi bekal tambahan ketika terjun ke dunia kerja. 

14 Jun 2021

Padang – Fakultas Teknik Universitas Andalas mengadakan kegiatan Webinar yang dilakukan secara virtual dengan menghadirkan Narasumber Prof. Ir. Dr.-Ing. Eko Supriyanto. Beliau merupakan Guru Besar di UTM-Malaysia dan UTI-Jerman. S1 Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB), S2 Teknik Biomedika ITB, S3 Universitas Angkatan Bersenjata Jerman di Hamburg. Prof. Ir. Dr.-Ing. Eko Supriyanto adalah Penulis lebih dari 300 makalah jurnal dan proceeding internasional, pemilik lebih dari 50 paten dan hak cipta bidang teknologi kesehatan, penerima lebih dari 30 penghargaan internasional dan merupakan salah satu Profesor termuda di dunia (33 tahun). Webinar ini berlangsung pada hari Jum’at tanggal 11 Juni 2021 dengan mengusung tema “ Perkembangan Teknologi Kesehatan dan Trend di Masa Depan”. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas Prof. Ikhwana Elfitri, Ph.D.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas mengatakan kegiatan ini merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk menambah wawasan dan menimba ilmu dari seorang pakar ilmuan tingkat dunia dengan segala temuan, paper dan patennya. Kegiatan ini dimoderatori oleh Dr. Eng. Rahmadi Kurnia dan diikuti oleh Dosen dari beberapa Fakultas di Universitas Andalas serta di luar Universitas Andalas seperti Aceh, Riau dan Palembang. Acara ini sangat menarik, berlangsung selama 2 jam dan diikuti oleh peserta dengan penuh antusias.

26 Mei 2021

Dies Natalis ke-36 Fakultas Teknik: Prestasi Fakultas Teknik Diapresiasi oleh Rektor UNAND

Penulis: Ridho Aidil Fitrah, M.T.

Tanggal 13 Mei 2021 sudah genap 36 Tahun Fakultas Teknik Universitas Andalas (FT-UNAND) berdiri sebagai salah satu sentral pendidikan bidang ilmu keteknikan di Indonesia. Dies Natalis ke-36 FT UNAND dirayakan secara hybrid (online dan offline) melalui acara puncak di Rapat Senat Terbuka dengan memenuhi protokol kesehatan Covid-19 pada hari Selasa (25/5/2021) di Gedung Convention Hall Universitas Andalas. Dengan mengusung tema “Kolaborasi dan Inovasi Tata Kelola Pendidikan Tinggi Menuju FT-UNAND Bereputasi Internasional”, rangkaian acara Dies Natalis FT-UNAND dibuka oleh Ketua Senat Fakultas, Ir. Ahmad Junaidi MT, M.Eng.Sc dan sudah terlaksana dengan baik dan sukses.

Pada acara puncak tersebut, Orasi Ilmiah yang berjudul “Perubahan dari Data Transaksional ke Data Laporan dan Analitik, Tantangan Pengelolaan Data di Institusi Pendidikan” disampaikan oleh Dr. Eng Ardhian Agung Yulianto S.Kom, MT. Melalui pemaparannya, beliau menyampaikan bahwa salah satu indikator yang mendukung pembangunan berkelanjutan adalah pengelolaan Big Data pendidikan yang kinerjanya dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari kesiapan teknologi di institusi hingga kompetensi sumber daya manusianya.

Selanjutnya, Launching Video Profil FT-UNAND memberikan gambaran bagaimana pengelola FT-UNAND selalu berkomitmen dalam mengembangkan fakultas menuju reputasi internasional dengan raihan akreditasi unggul serta Akreditasi Internasional seperti ABET dan IABEE oleh prodi sarjana di 4 jurusan.

Dalam rangkaian acara ini, Dekan dan Ketua Senat memberikan penghargaan kepada jurusan atas raihan Akreditasi Internasional IABEE pada Tahun 2021. Penghargaan diterima oleh Ketua Jurusan Teknik Lingkungan dan Teknik Elektro. Selanjutnya, Penghargaan Lomba Poster, Launching 36 buah karya buku dosen FT-UNAND dan website profil Alumni FT-UNAND juga ditampilkan dalam rangkaian acara ini.

Selain itu, piagam penghargaan dan kenang-kenangan juga dianugerahkan kepada dua orang tenaga kependidikan di lingkungan FT yang purnabakti di Tahun 2021. Mereka adalah, Bapak Yefdi Aprialson dan Ibu Eti Yulia.

Dalam sambutan Dekan FT-UNAND, Prof. Ikhwana Elfitri Ph.D menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah menyiapkan seluruh rangkaian acara di Dies Natalis ke-36 ini walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19. Melalui acara ini, beliau berharap bahwa cita-cita FT-UNAND untuk meraih dan mempertahankan kredibilitas di tingkat internasional akan senantiasa dapat berkontribusi terhadap kinerja kampus Universitas Andalas.

 

Hal ini selaras dengan yang disampaikan oleh Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, SH., MH dalam acara ini. Rektor menyampaikan apresiasi kinerja seluruh civitas akademika di Fakultas Teknik dalam memajukan UNAND. Terlebih lagi, tahun ini Fakultas Teknik juga dipilih sebagai unit yang diusulkan untuk pembangunan Zona Integritas, Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

10 Mei 2021

Dalam rangka memperkuat tata kelola instansi dan meningkatkan peluang kerjasama antar lembaga baik secara lokal, nasional maupun global, Fakultas Teknik Universitas Andalas pada hari Kamis, 29 April 2021, mengadakan sharing session secara virtual bersama Pusat Studi Energi Universitas Gajah Mada (PSE UGM). Diskusi daring yang mengambil tema “Pengembangan, Tata Kelola dan Peluang Kerjasama” ini menghadirkan Prof. Dr. Deendarlianto, Kepala PSE UGM, dan Dr. Rachmawan Budiarto, sekretaris direktorat pengabdian kepada masyarakat UGM sebagai narasumbernya. Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas, Prof. IkhwanaElfitri, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan sharing session ini sangatlah bermanfaat, dan diharapkan agar para dosen/SDM Universitas Andalas yang mengikuti kegiatan ini dapat mengambil ilmu dan pengalaman dari narasumber yang dihadirkan.

Dalam paparannya, Prof. Deendarlianto menyampaikan bahwa instansi pendidikan harus mampu menangkap peluang kerjasama dengan lembaga lain baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Untuk memaksimalkan peluang tersebut, perlu adanya tata kelola yang baik, kerjasama tim yang harmonis dan bersifat inklusif, proses regenerasi yang berjalan baik dan berkelanjutan, prinsip transparansi dan akuntabilitas. Dr. Rachmawan menyampaikan tentang pentingnya project management dan peran seluruh dosen untuk menjadi agen kerjasama. Kegiatan sharing session ini ditutup oleh WD3 Fakultas Teknik Unviersitas Andalas, Dr. Eng. Slamet Raharjo, dengan harapan civitas academica FT Unand dapat menindak lanjuti dalam bentuk pengembangan kerjasama dengan PSE UGM khususnya, dan Lembaga-lembaga lain umumnya.