""
15 November 2021

Unit Kegiatan Olahraga dan Seni (UKOS) Fakultas Teknik Universitas Andalas mengadakan kegiatan Dekan Cup Tahun 2021 pada tanggal 29 Oktober hingga 2 November 2021 yang terdiri dari pertandingan Futsal dan Mobile Legend dengan mengusung tema Struggling To Become Champion During Pandemic”. Kegiatan ini merupakan bentuk refreshing bagi mahasiswa yang sedang disibukan oleh dunia perkuliahan dan kejenuhan akibat pandemi. Acara ini dibuka langsung oleh Ibuk Erma Dwita, M.Pd selaku Koordinator Tata Usaha yang merupakan perwakilan dari Dekanat Fakultas Teknik pada hari Jum’at (28/10/2021) bertempat di Lapangan Futsal Universitas Andalas. Dalam sambutannya beliau berharap kepada seluruh mahasiswa agar dapat berprestasi tidak hanya di bidang akademik tetapi juga dibidang non akademik.

Sementara itu, Rijalul Ihsan selaku Ketua Pelaksana Dekan Cup 2021 mengatakan bahwa acara ini diadakan guna menyalurkan bakat dan minat mahasiswa, memupuk rasa prestasi mahasiswa didalam maupun diluar akademik, serta sebagai ajang mempererat dan menyambung tali silaturahmi dimasa pandemi. Pertandingan ini memakai sistem gugur yaitu melibatkan semua peserta pada awal pertandingan dan peserta yang kalah tidak dapat mengikuti pertandingan berikutnya, sistem ini berlaku pada babak penyisihan hingga babak final.

Adapun pembagian jadwal lomba Dekan Cup Tahun 2021 adalah sebagai berikut:

Pertandingan Futsal: 29 Oktober - 2 November 2021

Mobile Legends: 29 - 31 Oktober 2021.

Penutupan acara Dekan Cup 2021 dilaksanakan pada hari Jum’at (12/11/2021) bertempat di Ruang Seminar Lantai 1 Gedung PKM Universitas Andalas. Penutupan tersebut juga mengumumkan pemenang lomba serta penyerahan hadiah kepada tim yang tersebut di bawah ini, yaitu:

Juara dan Top Skor Pertandingan Futsal

  1. Juara 1 (Tim Kasiak dari Politeknik Negeri Padang) Trophy+Uang Tunai sebesar Rp. 2.000.000,-
  2. Juara 2 (Tim Quennbe dari Universitas Negeri Padang) Trophy+Uang Tunai sebesar 1.250.000,-
  3. Juara 3 (Tim Teknik dari Universitas Andalas) Trophy+Uang Tunai sebesar Rp. 750.000,-
  4. Top Skorer (Randy dari Tim Fenomenand dari Universitas Andalas) sebesar Rp. 200.000,-


Juara dan Most Valuable Player (MPV) Mobile Legend

  1. Juara 1 Mobile Legend (Tim Grizzly dari SMA N 2 Padang) Trophy+Uang Tunai sebesar Rp. 500.000,-
  2. Juara 2 Mobile Legend (Tim ASMG dari Universitas Andalas) Trophy+Uang Tunai sebesar Rp. 300.000,-
  3. Juara 3 Mobile Legend (Tim Envineer’s dari Universitas Andalas) Trophy+Uang Tunai sebesar Rp. 200.000,-
  4. Most Valuable Player (Ichi dari Tim Grizzly dari SMA N 2 Padang) Uang Tunai sebesar Rp. 100.000,-

    

 

11 November 2021

Padang – Fakultas Teknik Universitas Andalas mengadakan kegiatan penandatanganan kerjasama dengan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (FST-UIN SUSKA, Riau) pada hari Rabu/10 November 2021 bertempat di Ruang Sidang Dekanat Lt. II Fakultas Teknik.

Kegiatan ini ditandatangani langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas (Prof. Ikhwana Elfitri, Ph.D) dan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (Dr. Drs. Hartono, BA., M.Pd) serta didampingi oleh Tim dari FST-UIN SUSKA, Riau.

Maksud dan tujuan diadakan kerjasama ini adalah untuk penguatan Tridharma Perguruan Tinggi. Lingkup perjanjian kerjasama ini berupa penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi, pengabdian kepada masyarakat, pertukaran editor dan reviewer serta pertukaran penerbitan hasil riset/publikasi naskah ilmiah di jurnal, pengelolaan konferensi ilmiah, melaksanakan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan mobilisasi dosen sesuai kepakaran/kompetensi.

HUMAS FAKULTAS TEKNIK

08 November 2021

Kegiatan kepecintaalaman tidak hanya sebatas pada kegiatan yang dilakukan di rimba gunung, tebing, dan gua. Kegiatan kepecintaalaman sendiri dapat berupa kegiatan mengenal, menjaga, dan menumbuhkan  cinta kepada lingkungan. Bentuk lain dari kegiatan ini juga dapat berupa kompetisi berlari di gunung. Dimana kegiatan ini merupakan perlombaan penjelajahan alam dalam rangka meningkatkan skill dan kebugaran  fisik serta mentalitas atlet.

Mountain Running Competition sebagai lomba akbar yang diadakan oleh MAPALA Universitas Andalas. Lomba ini merupakan kegiatan penjelajahan alam dengan mengusung Tema “Break Your Limit by The Strength Of Youth In Preserving Nature“ yang berlokasi di gunung Talang, Kota Solok, Sumatera Barat. Lomba ini bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat khususnya pemuda-pemudi Indonesia untuk menjaga lingkungan alam sekitar dan keseimbangan ekosistem.

PAITUA MAPALA Teknik Unand sebagai salah satu diantara banyaknya peserta dalam perlombaan yang diadakan pada tanggal 6 - 7 November 2021 tersebut mengirimkan 3 delegasi untuk kategori Mapala. 2 orang mewakili kategori Mapala Putra dan 1 orang mewakili kategori Mapala Putri. Segala persiapan sudah dilakukan selama lebih dari satu bulan. Mulai dari latihan, menjaga pola makan, dan lain sebagainya. Dalam perlombaan ini, Paitua Mapala Teknik Unand berhasil finish dengan rincian kategori Mapala Putra dengan urutan ke-8 dan ke-11 dari 26 peserta kategori Mapala Putra, serta kategori Mapala Putri finish dengan urutan ke-5 dari 16 peserta kategori Mapala Putri.

Semoga dengan kegiatan semacam ini mampu membuat PAITUA MAPALA Teknik Unand terus maju dan semangat mengembangkan diri serta potensi yang ada. Sehingga nama Paitua Mapala Teknik Unand bisa semakin jaya. Salam Lestari!!!

 

  HUMAS FAKULTAS TEKNIK

11 Oktober 2021

Bank Mandiri membantu pelatihan budaya pelayanan prima untuk seluruh Tenaga Kependidikan di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Andalas. Kegiatan ini diadakan secara online pada hari Jumat, tanggal 8 Oktober 2021. Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ikhwana Elfitri, Ph.D dan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Narasumber Jecky Novrianza dari Service Quality Bank Mandiri, Region II/ Sumatera.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik menyampaikan bahwa budaya pelayanan prima merupakan suatu hal yang penting yang harus dimiliki oleh seluruh Tenaga Kependidikan Fakultas Teknik agar seluruh pelayanan yang diberikan dapat ditingkatkan dan memuaskan bagi seluruh stakeholder yang membutuhkan. Terlebih Fakultas Teknik Universitas Andalas telah disiapkan oleh Universitas sebagai Pilot Project Program Pembangunan Zona Integritas di Universitas Andalas.

Pada kegiatan pelatihan, Bapak Jecky Novrianza sebagai Narasumber memaparkan berbagai informasi dan teknik-teknik dalam pelayanan prima yang diterapkan di Bank Mandiri yang menjadikan Bank Mandiri sebagai bank yang telah berhasil memenangkan BBSE selama 10 kali berturut-turut (Best Bank Service Excellence 2008-2017).

Turut hadir dalam acara pelatihan ini, ibu Hindira Mizain sebagai kepala cabang Bank Mandiri Universitas Andalas Padang, yang selalu berkomitmen dalam membantu Fakultas Teknik Unand kedepannya. Mudah-mudahan kerjasama ini terus terjadi dengan baik. Acara ini menyediakan sertifikat bagi seluruh peserta.

HUMAS FAKULTAS TEKNIK