""

Tim Infinit1 FT Unand Mendapat Best Poster dan Finish di Posisi ke-7 Lomba Festival Ilmiah Mahasiswa (FILM) 2023 Tingkat Nasional di Surakarta

20 Maret 2023

Padang (FTUA) – Tim Infinit1 dari Fakultas Teknik, Universitas Andalas berhasil menjadi best poster dan posisi ke-7 dalam ajang Festival Ilmiah Mahasiswa Nasional 2023 yang digelar di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) pada 16-19 Maret 2023. Film merupakan Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat nasional untuk mahasiswa, mengusung tema “Solusi Tepat Guna Tantangan SDGs 2030”. Tim Infinit FT Unand membawa teknologi Pengembangan Internet Of Things (IoT) dan Artificial Intelligent (AI) pada Teknologi Sederhana penambah fungsional. Hasilnya, Tim Infinit1 FT Unand berhasil mencapai posisi ke-7 dan Best Poster dari 15 peserta pada ajang bergengsi tersebut. Hasil sepenuhnya adalah sebagai berikut, Juara 1 direbut oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) , Juara 2 direbut oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) 1, juara 3 diraih oleh Politeknik Angkatan Darat, Best Presentation diraih oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) 2, dan Best Poster diraih oleh Universitas Andalas. Tim Infinit1 ini beranggotakan Rezza Fiqratul Putra sebagai ketua dari Departemen Teknik Mesin, Fadhil Elrizanda dari Departemen Teknik Elektro dan Febri Rahman Ammarullah dari Departemen Teknik Mesin, Tim ini dibimbing oleh Dr. Eng. Dendi Adi Saputra, S.T, M.T.

Pihak Universitas Sebelas Maret menyatakan bahwa awalnya finalis diseleksi dari 338 tim dari seluruh Indonesia yang mensubmit Karya Tulis. Lalu, untuk tahap final hanya bersisa 15 tim terbaik, diantaranya, dari ITB, UGM, UB, POLTEKAD, STMKG, UNIMED, UNHAS, ITS dan UNAND. Tahapan final merupakan tahapan presentasi hasil Karya Tulis secara luring di Ruang Pertemuan FT UNS Surakarta. Selain lomba LKTIN, pada perlombaan FILM 2023 juga mengangkat perlombaan Essay Competition untuk tingkat Mahasiswa Nasional dengan tema yang sama.

Rezza Fiqrathul Putra sebagai ketua tim menuturkan bahwa tim Infinit1 FT Unand belum puas dengan raihan yang diperoleh. Walaupun sebenarnya tidak ada target spesifik nya. Tim Infinit1 berharap dengan teknologi yang dibuat ini dapat berkontribusi pada target SDGs ke enam. Tim Infinit1 mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Teknik yang memberikan dukungan penuh kepada Tim Infinit1, lalu juga kepada dosen pembimbing yang telah membantu dalam membuat Karya Tulis dan juga kepada pihak penyelenggara Universitas Sebelas Maret yang telah sukses menyelenggarakan perlombaan luar biasa ini.

Dengan hasil ini, diharapkan akan menjadi motivasi bagi mahasiswa Fakultas Teknik lainnya untuk terus berinovasi untuk kejayaan bangsa Indonesia dan untuk di perlombaan lainnya.

Read 1046 times

Kuesioner Kepuasan Pengguna Lulusan Magister, Doktor dan Tracer Study PascaSarjana