""

Tim PATrioT FT Unand Juara 2 Lomba Envirolympic 2022 Tingkat Nasional di Yogyakarta

09 Januari 2023

Padang (Fakultas Teknik Unand) – Tim PATrioT dari Fakultas Teknik, Universitas Andalas berhasil menjadi juara 2 dalam ajang Envirolympic of UII 2022 yang digelar di Universitas Islam Indonesia pada 7-8 Januari 2022. Envirolympic of UII merupakan lomba Technology design competition tingkat nasional untuk mahasiswa, mengusung tema “Renewable Technology Innovation to Develop Sustainable Sanitation”. Tim PATrioT FT Unand membawa desain teknologi dengan judul PATrioT (Penyaring Air Terintegrasi IoT): Teknologi Filtrasi Berbasis Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligent (AI) pada Limbah UMKM Jasa Pencucian yang Berdampak pada Lingkungan dan Masyarakat di Indonesia. Hasilnya, Tim PATrioT FT Unand berhasil merebut juara kedua pada ajang bergengsi tersebut. Hasil sepenuhnya adalah sebagai berikut, Juara 1 direbut oleh Universitas Gajah Mada (UGM), Juara 2 direbut oleh Unversitas Andalas (UNAND), Juara 3 direbut oleh Universitas Taruma Negara (UNTAR), Juara Harapan 1 diraih oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Juara Harapan 2 diraih oleh Universitas Brawijaya (UB).

Tim PATrioT ini beranggotakan Rezza Fiqratul Putra dari Departemen Teknik Mesin, Fadhil Elrizanda dari Departemen Teknik Elektro dan Arif Sgiddiq Siregar dari Departemen Teknik Elektro, Tim ini dibimbing oleh Dr. Eng. Dendi Adi Syaputra, S.T, M.T.

Pihak Universitas Islam Indonesia menyatakan bahwa awalnya finalis diseleksi dari 120 tim dari seluruh Indonesia yang mensubmit desain teknologinya. Lalu, untuk tahap final hanya bersisa 5 tim terbaik. Tahapan final merupakan tahapan presentasi hasil desain secara luring di Auditorium Gedung Moh. Natsir FTSP UII Yogyakarta. Selain lomba desain teknologi, Envirolympic 2022 juga mengengkat perlombaan Essay Competition untuk tingkat SMA/MA sederajat dengan tema yang sama.

Rezza Fiqrathul Putra sebagai ketua tim menuturkan bahwa tim PATrioT FT Unand puas dengan prestasi yang diperoleh. Walaupun sebenarnya tidak ada target spesifiknya. Teknologi yang dibuat merupakan teknologi penyaringan sistem upflow anaerobic yang memiliki banyak fitur untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat yang dapat dipantau dari jarak jauh dengan basis IoT. Tim PATrioT berharap dengan desain yang dibuat ini dapat menyelesaikan permasalahan pencemaran lingkungan yang terjadi di masyarakat. Tim PATrioT mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Teknik yang memberikan dukungan penuh kepada Tim PATrioT, lalu juga kepada dosen pembimbing yang telah membantu dalam membuat desain dan juga kepada pihak penyenggara, Universitas Indonesia yang telah sukses menyelenggarakan perlombaan luar biasa ini.

Dengan hasil ini, diharapkan akan menjadi motivasi bagi mahasiswa Fakultas Teknik lainnya untuk terus berinovasi untuk kejayaan bangsa Indonesia dan untuk di perlombaan lainnya.

Read 971 times

Kuesioner Kepuasan Pengguna Lulusan Magister, Doktor dan Tracer Study PascaSarjana