""

Empat Tim Fakultas Teknik Universitas Andalas Berhasil Melaju ke PIMNAS ke-35

20 Oktober 2022

Padang- Sebanyak 4 Tim Mahasiswa Fakultas Teknik Unand lolos Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 Tahun 2022. Ke-4 tim ini sebelumnya telah melalui serangkaian seleksi bersaing dengan ribuan tim lainnya. PIMNAS tahun ini dilaksanakan secara luring pada tanggal 30 November sampai 4 Desember 2022 di Universitas Muhammadiyah Malang.

Empat tim ini meliputi 2 tim PKM Karsa Cipta dan 2 tim PKM Penerapan Iptek. Judul yang berhasil lolos ke PIMNAS ini adalah Peningkatan Kinerja UMKM Kerupuk Jengkol di Kota Padang dengan Implementasi Alat Penumbuk Jengkol Mekanis, Sistem Monitoring Kandang Ayam Berbasis Computer Vision dan IoT sebagai Solusi, Pemanfaatan Media Strip dengan Teknologi Light Dependent Resistor Berbasis Mikrokontroler sebagai Alat Pendeteksi Golongan Darah Portabel dan Terintegrasi Digital, dibawah bimbingan Dr. Eng. Ilhamdi Rusydi dari Departemen Teknik Elektro. Satu judul lainnya dibawah bimbingan Dr. Eng. Dendi Adi Saputra dari Departemen Teknik Mesin dengan judul Penerapan Teknologi Filtrasi Upflow Anaerobic pada Limbah Detergen guna Mengurangi Pemborosan Air dan Pencemaran Lingkungan Upaya Pengefisienan UMKM Laundry Halona.

  

PIMNAS merupakan event resmi tahunan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemdikbudristek dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Event ini merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional. PIMNAS sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikai produk kreasi mahasiswa, diikuti oleh mahasiswa atau kelompok tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Lolosnya 4 tim ini diharapkan bisa menjadi kekuatan yang dapat memompa spirit untuk menghasilkan karya dan prestasi terbaik. Kerja keras Tim PKM FT nantinya diharapkan tidak hanya menghasilkan prestasi yang bermakna bagi Tim, namun juga bagi Fakultas Teknik Universitas Andalas. Dengan semangat juara yang dimiliki mahasiswa FT Unand harapannya bisa mendorong pencapaian prestasi yang lebih luas lagi.

Selamat bagi mahasiswa dan teruslah berusaha sebaik mungkin, memberikan prestasi yang terbaik bagi Fakultas Teknik dan Univeristas Andalas.

Read 1717 times

Kuesioner Kepuasan Pengguna Lulusan Magister, Doktor dan Tracer Study PascaSarjana