Fakultas Teknik Unand Kerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh Selenggarakan SKA dan SKT Bidang Konstruksi

23 Jun 2021

Fakultas Teknik Universitas Andalas Bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh mengadakan acara Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Ahli Muda (SKA) Jalur SIBIMA (Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri) serta Pembekalan dan Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Terampil bidang kontruksi di Gedung Convention Hall dan Gedung Perpustakaan Lantai V kampus Unand Limau Manis. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yang dimulai pada 22-24 Juni yang diikuti sebanyak 1.028 peserta dengan mekanisme kegiatan 40% online dan 60% offline. 

Ketua panitia, Dr. Nurhamidah, MT, M.EngSc mengatakan bahwa acara ini terwujud untuk mewujudkan kualitas dan kuantitas tenaga kerja konstruksi terampil bersertifikat bidang jasa konstruksi guna mendukung proses pelaksanaan infrastruktur di Indonesia secara umum dan Provinsi Sumatera Barat khususnya.

Sementara itu, Kepala Balai Konstruksi Wilayah I Banda Aceh, Ir. M. Hilal, MT mengatakan bahwa Balai Konstruksi Wilayah I Banda Aceh menjadi bagian dari jasa konstruksi memberikan pembinaan untuk masyarakat kontruksi.  Kerjasama antara FT Unand dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh juga sebagai bentuk kerjasama Kemendikbud ristek dengan KemenPUPR.

Peserta Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Ahli Muda (SKA) Jalur SIBIMA (Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri) terdiri dari mahasiswa akhir dan alumni sedangkan pembekalan dan fasilitasi Uji Sertifikat Kompetensi Keterampilan bidang konstruksi diikuti oleh mahasiswa aktif kuliah. 

Wakil Dekan III Fakultas Teknik Unand Dr. Eng. Slamet Raharjo menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat mendekatkan mahasiswa menjadi professional dengan pembelajaran praktis. Kedepannya, Fakultas Teknik Unand merencanakan untuk menambah berbagai pelatihan sertifikasi kompetensi untuk mahasiswa sehingga menjadi bekal tambahan ketika terjun ke dunia kerja. 

Read 484 times