Dies Natalis ke-36 Fakultas Teknik: Prestasi Fakultas Teknik Diapresiasi oleh Rektor UNAND

26 Mei 2021

Dies Natalis ke-36 Fakultas Teknik: Prestasi Fakultas Teknik Diapresiasi oleh Rektor UNAND

Penulis: Ridho Aidil Fitrah, M.T.

Tanggal 13 Mei 2021 sudah genap 36 Tahun Fakultas Teknik Universitas Andalas (FT-UNAND) berdiri sebagai salah satu sentral pendidikan bidang ilmu keteknikan di Indonesia. Dies Natalis ke-36 FT UNAND dirayakan secara hybrid (online dan offline) melalui acara puncak di Rapat Senat Terbuka dengan memenuhi protokol kesehatan Covid-19 pada hari Selasa (25/5/2021) di Gedung Convention Hall Universitas Andalas. Dengan mengusung tema “Kolaborasi dan Inovasi Tata Kelola Pendidikan Tinggi Menuju FT-UNAND Bereputasi Internasional”, rangkaian acara Dies Natalis FT-UNAND dibuka oleh Ketua Senat Fakultas, Ir. Ahmad Junaidi MT, M.Eng.Sc dan sudah terlaksana dengan baik dan sukses.

Pada acara puncak tersebut, Orasi Ilmiah yang berjudul “Perubahan dari Data Transaksional ke Data Laporan dan Analitik, Tantangan Pengelolaan Data di Institusi Pendidikan” disampaikan oleh Dr. Eng Ardhian Agung Yulianto S.Kom, MT. Melalui pemaparannya, beliau menyampaikan bahwa salah satu indikator yang mendukung pembangunan berkelanjutan adalah pengelolaan Big Data pendidikan yang kinerjanya dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari kesiapan teknologi di institusi hingga kompetensi sumber daya manusianya.

Selanjutnya, Launching Video Profil FT-UNAND memberikan gambaran bagaimana pengelola FT-UNAND selalu berkomitmen dalam mengembangkan fakultas menuju reputasi internasional dengan raihan akreditasi unggul serta Akreditasi Internasional seperti ABET dan IABEE oleh prodi sarjana di 4 jurusan.

Dalam rangkaian acara ini, Dekan dan Ketua Senat memberikan penghargaan kepada jurusan atas raihan Akreditasi Internasional IABEE pada Tahun 2021. Penghargaan diterima oleh Ketua Jurusan Teknik Lingkungan dan Teknik Elektro. Selanjutnya, Penghargaan Lomba Poster, Launching 36 buah karya buku dosen FT-UNAND dan website profil Alumni FT-UNAND juga ditampilkan dalam rangkaian acara ini.

Selain itu, piagam penghargaan dan kenang-kenangan juga dianugerahkan kepada dua orang tenaga kependidikan di lingkungan FT yang purnabakti di Tahun 2021. Mereka adalah, Bapak Yefdi Aprialson dan Ibu Eti Yulia.

Dalam sambutan Dekan FT-UNAND, Prof. Ikhwana Elfitri Ph.D menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah menyiapkan seluruh rangkaian acara di Dies Natalis ke-36 ini walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19. Melalui acara ini, beliau berharap bahwa cita-cita FT-UNAND untuk meraih dan mempertahankan kredibilitas di tingkat internasional akan senantiasa dapat berkontribusi terhadap kinerja kampus Universitas Andalas.

 

Hal ini selaras dengan yang disampaikan oleh Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, SH., MH dalam acara ini. Rektor menyampaikan apresiasi kinerja seluruh civitas akademika di Fakultas Teknik dalam memajukan UNAND. Terlebih lagi, tahun ini Fakultas Teknik juga dipilih sebagai unit yang diusulkan untuk pembangunan Zona Integritas, Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Read 783 times