Akreditasi Internasional ABET, Babak Baru Pendidikan Tinggi Sumatera Barat

07 Desember 2020

ABET adalah badan Akreditasi Internasional bergengsi untuk bidang keteknikan yang berbasis di Amerika Serikat. ABET telah berdiri sejak lebih 80 tahun yang lalu dan telah mengakreditasi lebih dari 4000 Program Studi pada lebih dari 800 Perguruan Tinggi di 41 negara di seluruh dunia.

Di Indonesia, berdasar informasi dari website ABET dengan alamat abet.org, baru beberapa Perguruan Tinggi saja yang telah berhasil meraih akreditasi ABET yaitu: Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan 14 Program Studi, Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan 7 Program Studi, Universitas Andalas (Unand), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Bina Nusantara (Binus) masing-masing dengan 3 Program Studi, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Islam Indonesia (UII) masing-masing dengan 1 Program Studi.

Untuk Program Studi Teknik Mesin hanya UNAND dan UGM yang memiliki Akreditasi ABET. Untuk Teknik Industri, selain UNAND ada juga ITB, UGM, ITS dan Binus University yang berhasil terakreditasi ABET. Sedangkan untuk Program Studi Teknik Lingkungan, ada 3 Perguruan Tinggi yang berhasil meraih akreditasi ABET yaitu: UNAND, ITB dan UII. (https://sumbar.antaranews.com/berita/401860/akreditasi-internasional-abet-babak-baru-pendidikan-tinggi-sumatera-barat)

Humas Fakultas Teknik

Read 304 times