3 Program Studi di Fakultas Teknik Unand mendapat pengakuan Akreditasi Internasional ABET

24 Agustus 2020

Padang - Fakultas Teknik Universitas Andalas mendapat pengakuan Internasional dari Badan Akreditasi Internasional (Accreditation Board for Engineering and Technology) ABET pada 3 Program Studi Sarjana (S1) yakni Teknik Mesin, Teknik Industri dan Teknik Lingkungan.

ABET merupakan Badan Akreditasi Internasional yang berbasis di Amerika Serikat untuk program pendidikan tinggi dibidang ilmu pengetahuan alam, ilmu komputer, ilmu keteknikan dan Engineering Technology.

Terbitnya pengakuan akreditasi internasional ini menandakan proses pendidikan yang berlangsung di 3 program studi tersebut telah mencapai kesetaraan dengan program studi serupa di Universitas ternama di Amerika Serikat dan seluruh dunia.

Upaya untuk mendapatkan pengakuan Akreditasi Internasional ABET ini telah dimulai semenjak tahun 2016. Salah satu dari kegiatan tersebut adalah melakukan kegiatan workshop dalam rangka persiapan akreditasi internasional guna mewujudkan Fakultas Teknik Universitas Andalas yang berdaya saing dan kompetitif untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan melakukan persiapan selama tiga tahun terakhir, dan pada awal tahun 2019, Pimpinan Universitas melakukan pengajuan surat permohonan kepada Badan Akreditasi Internasional ABET agar segera mengevaluasi ketiga program studi tersebut.

Pada akhir 2019 Tim Akreditasi ABET mengevaluasi 3 program studi tersebut selama tiga hari, dengan mendatangkan 4 orang evaluator dari Amerika Serikat ke Fakultas Teknik Universitas Andalas.

 
 

Dan Alhamdulillah pada tahun 2020 tepatnya tanggal 24 Agustus 2020, akhirnya ABET mengumumkan bahwa ketiga program studi tersebut memenuhi kriteria dan mendapatkan pengakuan Akreditasi Internasional.

 

HUMAS FAKULTAS TEKNIK

Read 165 times