Kegiatan FT-UNAND dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS)

03 Agustus 2020

Padang – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) yang ke- 25 Fakultas Teknik Universitas Andalas mengadakan beberapa kegiatan berupa Pembuatan Peralatan Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Publikasi dan KKN Tematik terkait Penanggulangan Virus Covid-19.

Beberapa penelitian yang dilakukan terkait dengan penanganan Covid-19 yaitu:

  1. Pembuatan UAV Hexacopter Disinfectant.

UAV Hexacopter Disinfectant merupakan peralatan penyemprotan Disinfectan dengan menggunakan teknologi Unmaned Aerial Vehicle (UAV) tipe Hexacopter sebagai upaya pemutus mata rantai virus covid-19. Alat ini dikembangkan oleh Tim Peneliti di bawah komando Zaini, Ph.D dari Jurusan Teknik Elektro.

  1. Smart Disinfectant Ozone.

Alat ini memanfatkan ozon dalam standar tertentu dan sistem humidifier yang membantu menghilangkan bakteri sehingga dapat digunakan sebagai alternatif handsanitizer yang juga dapat dikontrol melalui HP. Pelaksanaan penelitian dilakukan oleh Tim Aulia, Ph.D dari Jurusan Teknik Elektro

  1. Ventilator Mekanik.

Alat ini berfungsi untuk membantu pernapasan agar pasien mendapat asupan oksigen yang cukup dengan kendali suhu dan tekanan yang dapat dikontrol dengan monitor. Alat ini dirancang dan dibuat oleh Tim Robotik Jurusan Teknik Elektro di bawah komando Dr. Eng. Muhammad Ilhamdi Rusydi.

  1. Website APD Fasilitas Kesehatan Sumatera Barat.

Dr.  Eng. Muhammad Ilhamdi Rusydi juga mengembangkan website APD covidsumbar.aksitageh.id yang merupakan sistem informasi tentang kebutuhan Alat Pelindung Diri yang menghubungkan antara donatur dengan tenaga kesehatan agar saling membantu dalam pemenuhan kebutuhan fasilitas kesehatan. Website ini juga berfungsi sebagai media informasi perkembangan covid-19 di Sumatera Barat.

  1. Stetoscop Digital.

Alat ini digunakan untuk mendengarkan detak jantung pasien yang bisa didengarkan melalui headphone atau speaker. Kondisi pandemi ini mengharuskan tenaga medis untuk menggunakan APD sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan stetoscop biasa. Disinilah peran stetoscop digital sebagai inovasi dimasa pandemi. Peralatan Biomedik ini juga dikembangkan oleh Dr.  Eng. Muhammad Ilhamdi Rusydi.

  1. Handwashing Portable.

Alat ini merupakan alat pencuci tangan tanpa sentuh. Beberapa diantaranya dilengkapi dengan monitoring via SMS. Alat ini dibuat oleh Tim Pengabdian Masyarakat dengan ketua Zaini, Ph.D. Alat ini telah disebar ke beberapa Rumah Sakit dan Instansi yang ada di Sumatera Barat, antara lain Rumah Sakit Universitas Andalas, RSJ Prof. Dr. Saanin Padang, Rumah Sakit Ibnu Sina Padang dan Rumah Sakit Tentara Dr. Reksodiwiryo

Selain itu Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik dibawah koordinasi Dr. Oknovia Susanti (Dosen Jurusan Teknik Mesin) juga membuat wastafel semi otomatis. Alat ini diserahkan kepada RSUD dr. Rasidin Padang. Tim juga menyerahkan wastafel sejenis kepada Pemko Solok yang diterima langsung oleh Walikota.

Semoga dengan apa yang telah dikerjakan dapat bermanfaat bagi semua pihak dalam membantu pencegahan Covid-19. Mari bersama-sama berjuang melawan pandemi ini. Mari terus berinovasi mengembangkan teknologi dan produk riset lainnya.

SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL Ke-25

 

HUMAS FAKULTAS TEKNIK

Read 125 times