Fakultas Teknik Universitas Andalas melaksanakan Wisuda III Tahun 2019

26 Agustus 2019

Padang – Fakultas Teknik Universitas Andalas kembali meluluskan mahasiswanya sebanyak 144 (Seratus Empat Puluh Empat) wisudawan pada wisuda III Tahun 2019 yang digelar di Plaza Fakultas Teknik Universitas Andalas Kampus Unand Limau Manis Padang, Sabtu (24/8).

Acara wisuda, merupakan rangkaian kegiatan akademik yang selalu dilaksanakan di perguruan tinggi, yaitu acara peresmian, atau ada juga yang menyebut dengan pelantikan kepada mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi.

Kegiatan ini merupakan wisuda yang ke – 54 yang telah dilakukan di kampus Unand Limau Manis, sejak kepindahan dari kampus Unand Air Tawar Padang 19 tahun yang lalu pada tahun 2000.

Pada kesempatan yang berbahagia ini Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas selaku Pimpinan mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil secara gilang-gemilang menyelesaikan studi dan mendapatkan gelar kesarjanaan akademik dan magister, dari Fakultas Teknik Universitas Andalas.

Jumlah lulusan yang diwisuda hari ini berjumlah sebanyak 144 (Seratus Empat Puluh Empat ) orang, yang terdiri dari 22 orang Sarjana Teknik Mesin, 52 orang Sarjana Teknik Sipil, 21 orang Sarjana Teknik Industri, 11 orang Sarjana Teknik Lingkungan, 34 orang Sarjana Teknik Elektro, dan 4 orang Magister Teknik Industri.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas (Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D, IPM, Asean Eng) menyampaikan bahwa menjadi sarjana maupun master dalam bidang ilmu teknik bukanlah merupakan akhir dari suatu perjuangan, tetapi merupakan awal dari  perjuangan baru saudara-saudara memasuki era digital, dunia kerja yang penuh dengan disrupsi (perubahan pekerjaan), kompetisi dan persaingan baru.  Kemampuan pemecahan masalah, berfikir kritis, kreativitas, manajemen orang, bekerjasama dan berkoordinasi dengan orang lain, kecerdasan emosional, pengambilan keputusan, ber-orientasi pelayanan, negosiasi dan fleksibilitas kognitif merupakan keterampilan yang paling berpengaruh di masa depan.

Hanya orang-orang yang memiliki dan selalu meningkatkan bekal pengetahuan, kemampuan dan keterampilan tersebut yang akan memenangkan persaingan pada era digital. Gunakanlah bekal yang telah saudara dapatkan pada bangku kuliah, ditambah dengan penguasaan bahasa Inggris, kemampuan komputer dan teknologi informasi dan komunikasi, kemampuan kewirausahaan, pengetahuan tentang analisis big data, kecerdasan buatan (artificial Inteligence/AI) dan internet of thing/IoT untuk terus melakukan inovasi dalam memenangkan kompetisi tersebut, dan jangan lupa tentunya yang paling tinggi hakekatnya adalah saudara-saudara selalu berdoa kehadirat Allah SWT yang akan menjadikan saudara sebagai manusia yang bermartabat. Di tangan anda semua sebagai lulusan Fakultas Teknik Universitas Andalas masa depan bangsa ini ikut ditumpangkan.

Upaya kebangkitan inovasi yang sedang dipacu negara kita saat ini, yang dilakukan melalui perguruan tinggi, tentunya juga Universitas Andalas akan dapat meningkatkan daya saing bangsa, yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Fakultas Teknik Universitas Andalas saat sedang dan akan selalu memainkan perannya sebagai bagian yang tak terpisahkan dari skenario besar bangsa Indonesia dalam melakukan lompatan inovasi nasional dan dunia, sesuai dengan visinya Menjadi Fakultas Teknik yang Bermartabat dan Bereputasi Internasional”.

Humas Fakultas Teknik

Read 563 times