Wisuda II Tahun 2019 Fakultas Teknik Universitas Andalas

01 Juli 2019

Padang – Fakultas Teknik Universitas Andalas menyelenggarakan kegiatan prosesi Wisuda II Tahun 2019 pada Sabtu (29/6) yang berlangsung di Plaza Fakultas Teknik Kampus Unand Limau Manis Padang. Dengan dilaksanakan wisuda hari ini jumlah Alumni yang telah dihasilkan oleh Fakultas Teknik Universitas Andalas sejak wisuda pertama kali yang dilakukan pada tahun 1991 sampai sekarang telah mencapai 8.694 orang, dengan rinciannya adalah; Sarjana Teknik Mesin sebanyak 2.826 orang, Sarjana Teknik Sipil 2.805 orang, Sarjana Teknik Industri 1.340 orang, Sarjana Teknik Lingkungan 710 orang, Sarjana Teknik Elektro 1.434 orang, Magister Teknik Mesin 39 orang, Magister Teknik Sipil 157 orang, Magister Teknik Elektro 55 orang dan Magister Teknik Industri sebanyak 37 orang.

Jumlah lulusan yang diwisuda hari ini berjumlah sebanyak 103 (Seratus Tiga) orang, yang terdiri dari 15 orang Sarjana Teknik Mesin, 21 orang Sarjana Teknik Sipil, 24 orang Sarjana Teknik Industri, 14 orang Sarjana Teknik Lingkungan, 24 orang Sarjana Teknik Elektro, 2 orang Magister Teknik Mesin dan 3 orang Magister Teknik Elektro.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas (Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D, IPM, ASEAN Eng.) mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil secara gilang-gemilang menyelesaikan Studi dan mendapatkan gelar kesarjanaan Akademik dan Magister dari Fakultas Teknik Universitas Andalas.

Hari ini juga, secara resmi Saudara/i telah berada di satu level lebih tinggi, untuk ditunggu bakti terbaiknya bagi Negeri. Namun, keberhasilan yang saudara peroleh hari ini hanya sebuah batu loncatan, untuk sebuah jalan teramat panjang yang masih diberikan. Ilmu pengetahuan cepat sekali usang, “untuk itu teruslah meng-update ilmu pengetahuan saudara/i tanpa henti, teruslah belajar dan lanjutkan pendidikan ke level yang lebih tinggi, bahwa belajar dilakukan untuk melengkapi diri agar memberi manfaat bagi orang lain dan komunitas lebih besar,” ujarnya.

“Dengan ijazah yang saudara peroleh hari ini, Saudara segera memikul tanggung jawab yang lebih besar. Masyarakat menunggu karya saudara yang lebih banyak dan lebih baik. Di samping itu, saudara akan lebih didengar dibanding sebelumnya. Karena itu, disamping saudara menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah sudara peroleh, saudara berkewajiban pula mengamalkan sikap positif yang saudara peroleh selama belajar di Fakultas Teknik. Sikap tersebut antara lain adalah selalu belajar, bekerja cerdas dan berkompetisi untuk kemajuan bersama,” terangnya.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas mengatakan, saat ini kita sedang berada dalam kompetisi global yang sarat dengan persaingan dan era disrupsi yang tidak pernah terduga sebelumnya akan terjadi secepat ini.

Inovasi disruptif (disruptive innovation) adalah suatu realitas inovasi yang telah menciptakan pasar baru, mengobrak – abrik,  merusak dan terus menganggu pasar yang sudah ada dan dipastikan pada akhirnya akan menggantikan teknologi terdahulu tersebut. Era disruptif telah berhasil mengembangkan suatu produk atau layanan dengan cara baru yang tidak pernah mampu diduga sebelumnya oleh pasar, yang telah  menciptakan jenis konsumen berbeda pada pasar yang baru dan menurunkan harga pada pasar yang lama. Di tangan anda semua sebagai lulusan Fakultas Teknik Universitas Andalas masa depan bangsa ini ikut ditumpangkan untuk menjadi sebuah bangsa besar.

Upaya kebangkitan inovasi yang sedang dipacu negara saat ini, yang dilakukan melalui perguruan tinggi, tentunya juga Universitas Andalas akan dapat meningkatkan daya saing bangsa, yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional yang akan membawa kesejahteraan dan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia. Fakultas Teknik Universitas Andalas akan selalu memainkan perannya sebagai bagian yang tak terpisahkan dari skenario besar bangsa Indonesia dalam melakukan lompatan inovasi nasional dan dunia, sesuai dengan visinya “Menjadi Fakultas Teknik yang Bermartabat dan Bereputasi Internasional”.

HUMAS FAKULTAS TEKNIK

Read 287 times