Wisuda III Tahun 2018 Fakultas TeknikUniversitas Andalas

27 Agustus 2018

Padang - Fakultas Teknik Universitas Andalas Menyelenggarakan Prosesi Wisuda III Tahun 2018 pada Sabtu (25/8) di Kampus Unand Limau Manis Padang. Acara wisuda, merupakan rangkaian kegiatan akademik yang diadakan di perguruan tinggi, yaitu acara peresmian, atau ada juga yang membahas tentang pelajar yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi. Hari ini tanggal 25 Agustus 2018, kita melakukan wisuda III Tahun 2018, yang merupakan wisuda ke - 50 yang telah kita lakukan di kampus Unand Limau Manis, sejak kepindahan dari kampus Unand Air Tawar Padang 18 tahun yang lalu pada tahun 2000.

Pada kesempatan yang berbahagia ini Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D. Selamat datang untuk seluruh wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan studi dan mendapatkan gelar kesarjanaan akademik dari Fakultas Teknik Universitas Andalas.

Jumlah lulusan yang diwisuda hari ini berjumlah sebanyak 155 (Seratus Lima Puluh Lima) orang, yang terdiri dari 34 orang Sarjana Teknik Mesin, 52 orang Sarjana Teknik Sipil, 18 orang Sarjana Teknik Industri, 17 orang Sarjana Teknik Lingkungan, 25 orang Sarjana Teknik Elektro, 1 orang Magister Teknik Mesin, 5 orang Magister Teknik Sipil, dan 3 orang Magister Teknik Industri. Jumlah Wisudawan/Alumni yang telah dihasilkan oleh Fakultas Teknik sejak wisuda pertama tahun 1991 sampai sekarang berjumlah sebanyak 8.300 (delapan ribu tiga ratus) orang, dengan rinciannya adalah; Sarjana Teknik Mesin (2.074 orang), Sarjana Teknik Sipil (2.727 orang), Sarjana Teknik Industri (1.187 orang), Sarjana Teknik Lingkungan (660 orang), Sarjana Teknik Elektro (1.371 orang), Magister Teknik Mesin (37 orang), Magister Teknik Sipil (157 orang), Magister Teknik Elektro (55 orang) dan Magister Teknik Industri sebanyak 32 orang. Dosen sebanyak 150 orang, dengan rincian adalah; Dosen pendidikan S3 (78 orang) Dosen pendidikan S2 (72 orang). Jumlah tenaga kependidikan Fakultas Teknik Universitas Andalas adalah sebanyak 61 orang yaitu Tenaga Kependidikan PNS 36 orang dan Tenaga Kependidikan Non PNS sebanyak 26 orang. Saat ini Fakultas Teknik juga sudah memiliki 9 (sembilan) orang Guru Besar.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik menyampaikan bahwa ini merupakan tantangan akhir, tetapi merupakan awal dari perjuangan baru saudara-saudara era digital, dunia kerja yang penuh dengan gangguan kompetisi dan persaingan baru. Hanya orang-orang yang mampu bersaing dan dengan bekal yang cukup yang akan memenangkan pertarungan tersebut. Gunakanlah bekal yang telah diperoleh di bangku kuliah selama ini dan ditambah dengan penguasaan bahasa Inggris, kemampuan komputer dan teknologi informasi dan komunikasi, serta kemampuan kewirausahaan yang didukung, Pengetahuan tentang Big data, Inteligent buatan dan internet dari Hal untuk terus berinovasi mempromosikan tawaran tersebut, dan jangan lupa tentang selalu berdoa kehadirat Allah SWT yang akan menjadikan saudara bermartabat.

Lebih lanjut Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas mengatakan saat ini kita sedang berada dalam kompetisi global yang sangat penuh persaingan. Persaingan tersebut ditandai dengan tantangan dan tatanan dunia yang cepat berubah. Pendidikan tinggi, riset, teknologi, inovasi adalah kunci utama untuk dapat memenangkan persaingan dan kompetisi global tersebut. Di tangan anda semua sebagai lulusan Fakultas Teknik Universitas Andalas masa depan bangsa ini ikut ditumpangkan. Upaya kebangkitan inovasi yang sedang dipacu negara kita saat ini, yang dilakukan melalui perguruan tinggi akan dapat meningkatkan daya saing bangsa, yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Fakultas Teknik Universitas Andalas saat ini sedang memainkan perannya sebagai bagian yang tak terpisahkan dari skenario besar bangsa dalam melakukan lompatan inovasi sesuai dengan visinya“Menjadi Fakultas Teknik yang Bermartabat dan Bereputasi Internasional” . Dalam rangka meningkatkan daya saing, saat ini semua program studi sedang mengumpulkan akreditasi internasional ABET (Badan Akreditasi untuk Teknik dan Teknologi ) dan IABEE (Badan Akreditasi Indonesia untuk Pendidik Teknik ). Dalam kurun waktu 2017-2020 semua program studi dilingkungan Fakultas Teknik telah mengakuisisi ABET dan seluruh Program Studi telah mengakuisisi IABEE. Hal ini akan memberikan persaingan terhadap persaingan Fakultas Teknik dalam persaingan dan persaingan global.

HUMAS FAKULTAS TEKNIK

Read 95 times