Fakultas Teknik Unand Tingkatkan Publikasi Internasional

12 November 2018

Padang – Fakultas Teknik Universitas Andalas menggelar Seminar Internasional pada Kamis-Jum’at (8-9/11) di Hotel Grand Inna Padang dengan tema “The 1st Conference on Innovation in Technology and Engineering Science (CITES 2018)”.

Kegiatan ini menghadirkan 5 Pembicara Kunci (Keynote Speaker) yaitu Prof. Dr. Hadi Nur (Universiti Teknologi Malaysia), Prof. Dr. Andrivo Rusydi (National University of Singapore), Prof. Dr. Hikita Masayuki (Kyushu Institute of Technology Jepang), Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D (Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas) dan Ir. Ryantori (Inventor Jaring Rusuk Beton Pasak Vertikal). Sebetulnya, juga dijadwalkan tampil sebagai Pembicara Kunci Prof. Dr. David Zhang (University of Exeter United Kingdom, Inggris). Namun karena sesuatu hal yang bersangkutan tidak bisa hadir, hanya mengirimkan kajian Ilmiah.

Peserta Seminar datang dari berbagai Perguruan Tinggi diantaranya Universitas Andalas, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Padang, Universitas Sriwijaya, Universitas Bung Hatta, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Sumatera Utara, Universitas Diponegoro, Universitas Lampung, Universitas Pancasila, Politeknik Negeri Medan, Universitas Dharma Andalas, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta, Universitas Putera Batam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Telkom University, Universitas Sains Malaysia, Prince of Songkla University, Universitas Eka Sakti Padang, Politeknik Negeri Padang, Universitas Surabaya, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Negeri Manado, Musamus University Merauke, Lembaga Centre of Leather, Rubber and Plastics, dan yang terakhir dari Badan Penelitian dan Pengembangan Industri.

Prof. Dr. Eng. Gunawarman selaku Ketua Panitia pelaksana mengatakan Makalah yang dipresentasikan akan dipublikasikan pada proseding IOP terindeks Scopus; Material Science and Engineering. 5 paper terbaik dari masing-masing bidang inovasi akan dipublikasikan pada jurnal IJASEIT (Q2), namun dengan adanya tambahan biaya publikasi dari pengelola jurnal pada konferensi ini, panitia melalui chair session akan memilih 24 presenter terbaik dari tiap sesi ruangan.

Lebih lanjut ia menambahkan Panitia juga menyediakan editor corner untuk merevisi makalah agar sesuai dengan standar publikasi internasional terindeks scopus. Ketua pelaksana mengucapkan terima kasih banyak kepada Rektor Universitas Andalas atas arahan dan bantuannya. Terima kasih kepada sponsor dari PT. Semen Padang, Bank Nagari, PT. Wardah, Bank BNI dan segenap panitia atas bantuannya demi terselenggaranya acara ini.

Acara ini dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor III Universitas Andalas (Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, M.Sc).

Di sisi lain Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas (Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D) mengatakan hal ini merupakan bentuk kontribusi Fakultas Teknik terhadap pencapaian kualitas dan kuantitas hasil-hasil penelitian dosen yang di publikasikan ke jurnal internasional. Secara tidak langsung Fakultas Teknik berkontribusi terhadap jumlah paper/hasil penelitian yang berkualifikasi internasional terhadap pencapaian Universitas Andalas dan Kemenristekdikti.

HUMAS FAKULTAS TEKNIK

Read 145 times