""

Pengukuhan Guru Besar Fakultas Teknik Unand

16 Mei 2018

Padang – Ketua Majelis Guru Besar Universitas Andalas Prof. Fauzan Azima, MS mengukuhkan dua orang Guru Besar Baru Fakultas Teknik Unand yaitu Prof. Ir. Refdinal Nazir, MSEE., Ph.D dan Prof. Ir. Abdul Hakam, MT., Ph.D sebagai Guru Besar Tetap Fakultas Teknik Universitas Andalas pada Selasa (15/5) di Gedung Convention Hall Universitas Andalas Kampus Limau Manis Padang.

Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA, Ketua dan Anggota Majelis Guru Besar, Dekan, Wakil Dekan dan seluruh civitas Akademika Fakultas Teknik Universitas Andalas serta undangan lainnya.

Kegiatan ditandai dengan pemasangan kalung tanda kehormatan professor oleh Ketua Majelis Guru Besar Universitas Andalas.

Rektor Universitas Andalas mengucapkan selamat kepada kedua Guru Besar yang dikukuhkan. Ia berharap dengan dikukuhkannya Prof. Ir. Refdinal Nazir, MSEE., Ph.D dan Prof. Ir. Abdul Hakam, MT., Ph.D sebagai guru besar akan semakin meningkatnya fungsi dan peranan perguruan tinggi.

Dikatakannya perguruan tinggi tidak sekadar hanya mencetak Sarjana, Master maupun Doctor melainkan juga Guru Besar. Guru Besar merupakan peneliti yang hasil penilitian ditunggu-tunggu oleh masyarakat sebagai bagian wujud dari pengabdian,” ujarnya.

Menjadi guru besar bukanlah akhir dari capaian karir seorang dosen tetapi justru menjadikan spirit baru yang senantiasa membangkitkan inspirasi dalam melahirkan karya-karya yang lebih besar dan bermanfaat bagi masyarakat umum.

Ia yakin dari pengukuhan ini akan menyebarkan energi positif bagi pembangunan Universitas Andalas dengan berbagai karya dan produk bernilai tinggi akan segera muncul.

Pada kegiatan yang syarat makna ini, Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D menyampaikan, Pengukuhan Guru Besar Fakultas Teknik merupakan rangkaian yang tidak terpisahkan dari kegiatan Dies Natalis Ke-33 Fakultas Teknik Universitas Andalas. Kegiatan Pengukuhan Guru Besar ini akan menampilkan Prof. Ir. Refdinal Nazir, MSEE., Ph.D dengan judul pidato ilmiah : “Pengembangan Pembangkit Listrik Terbesar (DG) dan Mikrogrid Menuju Keberlanjutan dan Kemandirian Penyediaan Energi Listrik” sedangkan Prof. Ir. Abdul Hakam, MT., Ph.D dengan judul pidato ilmiah : “Deteksi Dini Bahaya Likuifaksi untuk Mitigasi Gempa”.

Prof. Ir. Abdul Hakam, MT., Ph.D sendiri kini menjabat sebagai ketua Pusat Studi Bencana Fakultas Teknik Universitas Andalas, ia mendapatkan gelar Ph.D dari Universitas New South Wales Sydney Australia, tambahnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, Dekan Fakultas Teknik Unand mengucapkan selamat atas pengukuhan ini dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas semua bantuan yang telah diberikan, baik moril, materil, saran dan kritik. Harapan besar kami atas kritik dan saran tersebut dapat membangun Fakultas Teknik yang semakin baik di masa yang akan datang dan dapat terus bertumbuh sesuai visi dan misinya.

Humas Fakultas Teknik

Read 1917 times

Kuesioner Kepuasan Pengguna Lulusan Magister, Doktor dan Tracer Study PascaSarjana