""

HMTI UNAND Gelar Industrial Engineering on Action (IDEA) 2018

24 April 2018

Padang (FT Unand) – Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Andalas menyelenggarakan Industrial Engineering on Action pada Senin (23/4) di Gedung Seminar F Kampus Unand Limau Manis Padang.

Industrial Engineering on Action merupakan kompetisi keilmuan Teknik Industri yang ke-5 dalam rangkaian acara Industrial Festival (INDFEST). Industrial Festival merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Fakultas Teknik Universitas Andalas. Semakin kompleksnya permasalahan yang terjadi di Era Globalisasi ini, maka dibutuhkan peran serta mahasiswa Teknik Industri sebagai problem solver yang mampu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan berbagai pendekatan. Keilmuan teknik industri menjadi alternatif yang sangat diharapkan dengan pendekatan system dalam meningkatkan efisiensi, kualitas, sumber daya serta nilai tambah. Kegiatan ini dihadiri dari berbagai Universitas di antaranya : Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Telkom dll

Industrial Engineering on Action (IDEA) menjadi salah satu wadah komunikasi mahasiswa Teknik Industri Se-Indonesia dalam membahas permasalahan-permasalahan industri yang terjadi di lingkungan sekitar untuk mencari solusi yang tepat dalam menghadapi permasalahan tersebut. Isu yang berkembang dewasa ini yaitu penggunaan teknologi dengan penerapan revolusi 4.0 untuk pencapaian percepatan industrialisasi di Indonesia. Maka dari itu diadakan kegiatan Industrial Engineering on Action (IDEA) yang membahas permasalahan logistic nasional dengan mengusung tema “Designing A Smart Supply Chain Management for Sustainable Businesses In Industrial Revolution 4.0”.

Industrial Engineering on Action (IDEA) diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan kualitas sumber daya manusia melalui eksplorasi kreativitas mahasiswa, akademisi serta semua pihak yang terkait.

Dalam sambutannya Wakil Dekan III Fakultas Teknik Universitas Andalas Dr. Is Prima Nanda, MT sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kemunculan Revolusi Industri 4.0 telah mempengaruhi dinamika dan kompleksitas persaingan ekonomi global. Dimana sistem industri sekarang berbasis otomasi, komputer, dan elektronik menjadi cyber physical system yang menggabungkan domain digital, fisik dan biologi. Perubahan yang terjadi melalui Revolusi Industri 4.0 diprediksi akan memiliki dampak sangat luas, terutama dalam hal kebutuhan kompetensi SDM di masa yang akan datang. Kita sebagai manusia sudah harus mulai beradaptasi dengan perubahan tersebut. Oleh karena itu, dalam menjawab tantangan tersebut maka Sumber Daya Manusia harus memiliki keterampilan yang dibutuhkan pada masa mendatang antara lain : 1. Kemampuan pemecahan masalah 2. Berpikir kritis 3. Kreativitas 4. Manajemen orang 5. Berkoordinasi dengan orang lain 6. Kecerdasan emosional 7. Pengambilan keputusan 8. Orientasi pelayanan 9. Negosiasi 10. Fleksibilitas kognitif.

Humas Fakultas Teknik

Read 1711 times