""

Atasi Longsor Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Unand Jalin Kerjasama dengan PDAM Kota Padang

23 April 2018

Padang (FT Unand) – Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Andalas menyelenggarakan Kerjasama dengan PDAM Kota Padang pada Minggu (22/4) bertempat di Intake Air Baku Panukahan Gadang Kelurahan Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah – Sumatera Barat.

Nota kesepahaman ini dimaksudkan sebagai langkah awal pelaksanaan dalam menggali dan memanfaatkan potensi kedua belah pihak yang bertujuan untuk peningkatan kapasitas kedua Institusi dalam berkontribusi mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Ruang lingkup kesepahaman ini meliputi bidang Penelitian, Pelatihan, Kerja Praktek Mahasiswa, Tugas Akhir Mahasiswa, Pertukaran Tenaga Ahli dan Pengabdian Masyarakat.

Kerjasama ini ditandai dengan penanaman bibit pohon di kawasan Intake dan Nagari sekitar sebagai upaya atasi longsor dan kekeringan yang berpotensi terjadi. Ini merupakan wujud nyata mahasiswa Teknik Lingkungan dalam melaksanakan pengabdian masyarakat dan peduli terhadap lingkungan. Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Air dan Hari Bumi Se-Dunia dengan mengusung tema “HMTL Earth and Water Celebration”.

Rangkaian kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara pejabat sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM (H. Edwar, SE) dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas (Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D) yang disaksikan oleh Sekretaris Daerah Kota Padang (Ir. H. Asnel, M.Si) dan Ketua Jurusan Teknik Lingkungan (Dr. Eng. Slamet Raharjo). Turut hadir Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kota Padang, puluhan mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Unand dan masyarakat sekitar.

Dekan Fakultas Teknik sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena akan semakin banyak “Labor Lapangan” bagi mahasiswa dalam penerapan ilmu yang diperoleh diperkuliahan. Ditambah lagi Fakultas Teknik Unand dan PDAM Kota Padang dapat meningkatkan kapasitas yang dimiliki menimbang kedua belah pihak mempunyai Sumber Daya Manusia yang unggul dibidangnya masing-masing. Di akhir kegiatan, dilakukan demo kompos dan pemberian alat pengomposan serta bibit tanaman kepada masyarakat sekitar.

Humas Fakultas Teknik

Read 1591 times

Kuesioner Kepuasan Pengguna Lulusan Magister, Doktor dan Tracer Study PascaSarjana