Padang (FTUA) – PT Terra Drone menjalin kerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Andalas dengan melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama, bertempat di Ruang Sidang Lt. 2 Dekanat Fakultas Teknik pada hari Jumat tanggal (27/10/2023).
Kerjasama ini bermaksud untuk mewujudkan peran serta Perguruan Tinggi dalam Program Tri Dharma Perguruan Tinggi dan meningkatkan penyelenggaraan kegiatan berbasis pelatihan dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia. Beberapa ruang lingkup kerjasama ini meliputi pelatihan dan sertifikasi Remote Pilot dengan rating Sistem Pesawat Udara Kecil Tanpa Awak (SPUKTA), penelitian akademis dalam survey dan foto udara, transfer ilmu/kuliah umum/kuliah tamu kepada mahasiswa mengenai fotogrametri atau topik umum tentang survey dan pemetaan menggunakan UAV, peningkatan kompetensi berbasis Training for Trainer, dan kegiatan pengabdian di bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia yang berupaya memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.
Terra Drone Indonesia adalah perusahaan yang secara khusus berfokus pada penyediaan jasa pemanfaatan drone di berbagai sektor industri. Dengan adanya MoA ini tidak hanya memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan, tetapi juga membawa manfaat bagi Fakultas Teknik Universitas Andalas.
Padang (FTUA) – Jajaran Pimpinan Fakultas Teknik Universitas Andalas melepas satu tim mahasiswa, Tim “Marawa” untuk mengikuti Final Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) pada hari ini, Jumat tanggal (27/10/2023) di Ruang Sidang Dekanat Lt. 2 Fakultas Teknik. Tim “Marawa” yang berhasil lolos untuk kategori Protipe dengan mesin penggerak MPD Gasoline ini terdiri dari 14 orang mahasiswa Teknik Mesin di bawah bimbingan Ismet Hari Mulyadi, Ph.D, yang juga merupakan Dosen dari Departemen Teknik Mesin.
Padang (FTUA) – Fakultas Teknik dengan bangga mengumumkan bahwa lima mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Andalas (UNAND) telah terpilih untuk mengikuri Research Assistant di Kanazawa University, Jepang, sebagai bagian dari program MBKM (Merdeka Belajar - Kampus Merdeka). Mereka juga berhasil meraih beasiswa dari JASSO (Japan Student Services Organization) yang akan mendukung masa studi mereka.
Program MBKM Asistensi Riset adalah salah satu komponen dari program MBKM yang ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia yang berprestasi untuk mengikuti asistensi riset di perguruan tinggi atau lembaga riset terkemuka di dalam negeri dan luar negeri. Program ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mendapatkan pengalaman riset yang berharga, memperdalam pengetahuan dalam bidang studi mereka, dan berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Inilah daftar kelima mahasiswa yang telah mencapai prestasi luar biasa ini:
Selama satu semester, mereka akan berkuliah, bergabung dalam penelitian yang menarik, berkontribusi pada ilmu pengetahuan, dan menggali pengalaman berharga dengan mengenal kultur budaya Jepang dan juga belajar membaca serta menulis bahasa Jepang di Kanazawa University.
Selamat kepada mereka atas pencapaian luar biasa ini, mereka akan menjadi duta yang hebat untuk Universitas dan Indonesia.
Padang (FTUA)- Dekan beserta jajaran pimpinan Fakultas Teknik melepas mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Andalas sebagai Finalis Kontes Kapal Cepat Tak Berawak ( KKCTBN) ke Universitas Indonesia pada hari Jumat tanggal 20 Oktober 2023 di Ruang Siang Dekanat Lt. II Fakultas Teknik Unand. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan 1 dan 2, Direktur Direktorat Kemahasiswaan Universitas Andalas, Manager Pendidikan dan Kemahasiswaan, Kepala Departemen Teknik Mesin, Tim mahasiswa KKCTBN tahun 2023 dan beberapa orang tenaga kependidikan.
Padang (FTUA)- Fakultas Teknik Universitas Andalas menggelar acara penyerahan ijazah wisuda V Tahun 2023 di Plaza Fakultas Teknik Universitas Andalas pada hari Sabtu (30/09/2023).
Daftar Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat | ||
1. | Pedoman Penyelenggaran Administrasi | |
a. Pedoman Pengelolaan Organisasi | Download | |
b. Pedoman Pengelolaan Administrasi (Tata Naskah Dinas) | Download | |
c. Pedoman Pengelolaan Kepegawaian | Download | |
d. Pedoman Pengelolaan Keuangan | Download | |
2. | Data Statistik | |
a. Data Statistik Kemahasiswaan | Download | |
b. Data Statistik Kepegawaian | Download | |
c. Data Statistik Keuangan | Download | |
3. | Kerjasama | |
a. Daftar Mitra Kerjasama Nasional | Download | |
b. Daftar Mitra Kerjasama Internasional | Download | |
c. Dokumen Perjanjian Kerjasama (Nota Kesepahaman/Nota Kerjasama/Sejenisnya berikut Dokumen Pendukungnya) | Download | |
4. | Dokumen Surat-Surat | |
a. Dokumen Surat Menyurat Pimpinan atau Pejabat Institusi dalam Rangka Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi | Download | |
5. | Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dan Barang Milik IPB | |
a. Pedoman Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dan Barang Milik IPB (BMI) | Download | |
b. Laporan Barang Milik Negara (BMN) dan Barang Milik IPB (BMI) | Download | |
6. | Pelanggaran Disiplin dan Penindakan | |
a. Jumlah Pelanggaran Disiplin dan Penindakan Terhadap Pegawai | Download | |
7. | Formulir Pelayanan Publik | |
a. Formulir Permohonan Informasi | Download | |
b. Formulir Tanda Terima Permohonan Informasi | Download | |
c. Formulir Pengajuan Keberatan | Download | |
d. Rekap Register Permohonan Informasi | Download | |
8. | Klasifikasi Arsip | |
a. Klasifikasi Arsip Substansif | Download | |
b. Klasifikasi Arsip Fasilitatif | Download |
Padang (FTUA) – Dua Guru Besar Fakultas Teknik, Prof. Ikhwana Elfitri, Ph.D dan Prof. Febrin Anas Ismail dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap dari Fakultas Teknik yang dilaksanakan di Gedung Convention Hall Universitas Andalas pada hari Selasa (26/09/2023). Pengukuhan ini ditandai dengan pemasangan kalung kehormatan oleh Ketua Dewan Profesor, Prof. Apt. Marlina yang langsung disaksikan oleh Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, S.H, M.H.
Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala | ||||
1. Profil Institusi | ||||
a. | Alamat Lengkap | |||
b. | Visi Misi | |||
c. | Struktur Organisasi | |||
d. | Tugas dan Fungsi Unit Kerja | |||
e. | Alamat Lengkap Satuan Unit Kerja | |||
f. | Rencana Strategis | |||
Tahun 2021-2025 | ||||
2. Profil Pimpinan | ||||
Profil Singkat Pimpinan dan Pejabat Struktural Perguruan Tinggi Tiga Level ke Bawah | ||||
3. Kegiatan dan Kinerja Institusi | ||||
a. | Daftar Isian Pelaksanaan Rencana Kerja Anggaran dan Tahunan (RKAT) : | |||
Tahun 2024 | ||||
b. | Laporan Akuntabilitas Kinerja : | |||
Tahun 2021 | ||||
Tahun 2022 | ||||
Tahun 2023 | ||||
c. | Perjanjian Kinerja Rektor dan Dekan : | |||
Tahun 2021 | ||||
Tahun 2022 | ||||
Tahun 2023 | ||||
d. | Program Kerja Strategis (Tahun 2023) dan Unit Kerja Terkait | |||
4. Penerimaan Mahasiswa Baru | ||||
a. | Jenis dan Jenjang Pendidikan | |||
Program Sarjana (S1) | ||||
Program Pascasarjana (S2) | ||||
Program Doktor (S3) | ||||
b. | Jalur Penerimaan | |||
Program Sarjana (S1) | ||||
1. Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) | ||||
2. Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) | ||||
3. Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer | ||||
Program Pascasarjana (S2) | ||||
Program Doktor (S3) | ||||
c. | Program Studi dan Daya Tampung | |||
Program Sarjana (S1) | ||||
Program Pascasarjana (S2) | ||||
Program Doktor (S3) | ||||
d. | Biaya Pendidikan | |||
5. Administrasi Pendidikan | ||||
Kalender Akademik | ||||
6. Kemahasiswaan | ||||
a. | Fasilitas Kampus | |||
b. | Organisasi Mahasiswa | |||
c. | Beasiswa | |||
d. | Program Penyangga Kesehatan Mahasiswa | |||
e. | Pembinaan Prestasi Mahasiswa | |||
f. | Pengembangan Karir | |||
g. | Pusat Layanan Mahasiswa (Student Service Centre) | |||
7. Kepegawaian | ||||
Pengumuman Rekrutmen Pegawai dan Hasilnya | ||||
8. Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat | ||||
a. | Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat | |||
b. | Daftar Hasil-Hasil Penelitian Tahun 2019-2023 | |||
c. | Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat | |||
d. | Seminar-seminar Hasil Penelitian | |||
e. | Publikasi Ilmiah: | |||
Klinik Publikasi | ||||
Repository Ilmiah | ||||
Jurnal Ilmiah | ||||
9. Keuangan dan Institusi | ||||
a. | Laporan Keuangan (Audited) | |||
Tahun 2021 | ||||
Tahun 2022 | ||||
Tahun 2023 | ||||
b. | Pedoman Pengelolaan Keuangan | |||
10. Produk Hukum | ||||
Peraturan Rektor Unand | ||||
11. Pengelolaan Informasi Publik | ||||
a. | Daftar Informasi Publik | |||
b. | Daftar Informasi yang Dikecualikan | |||
c. | Standard Operating Procedure (SOP) Pelayanan Informasi Publik | |||
d. | Standard Operating Procedure (SOP) Pengelolaan Keberatan atas Informasi | |||
e. | Standard Operating Procedure (SOP) Penanganan Sengketa Informasi Publik | |||
f. | Standard Operating Procedure (SOP) Penetapan dan Pemutakhiran Daftar Informasi Publik | |||
g. | Standard Operating Procedure (SOP) Pengujian tentang Konsekuensi | |||
h. | Standard Operating Procedure (SOP) Pendokumentasian Informasi Publik | |||
i. | Standard Operating Procedure (SOP) Pendokumentasian Informasi yang Dikecualikan | |||
j. | Tata Cara Permohonan Informasi Publik | |||
k. | Kegiatan Pelayanan yang Telah dan Sedang Dalam Pelaksanaan | |||
l. | Sarana dan Prasarana Layanan yang Dimiliki beserta Kondisinya | |||
m. | Sumberdaya yang Menangani Layanan | |||
n. | Jadwal Pelayanan | |||
o. | Maklumat Pelayanan | |||
p. | Standar Biaya Layanan | |||
12. Tata Cara Pengaduan Penyalahgunaan Wewenang atau Pelanggaran | ||||
a. | Tata Cara Pengaduan Penyalahgunaan Wewenang Pejabat Institusi | |||
b. | Tata Cara Pengaduan Pelanggaran Disiplin Pegawai | |||
13. Panduan Keselamatan, Kesehatan Kerja, Lindungan Lingkungan, Peringatan Dini dan Evakuasi Keadaan Darurat | ||||
a. | Panduan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan | |||
b. | Prosedur Peringatan Dini dan Evakuasi Keadaan Darurat | |||
14. Laporan Akses Informasi Publik | ||||
a. | Ringkasan Permohonan Informasi Publik: | |||
Tahun 2021 | ||||
Tahun 2022 | ||||
Tahun 2023 | ||||
b. | Ringkasan Keberatan Informasi Publik : | |||
Tahun 2021 | ||||
Tahun 2022 | ||||
Tahun 2023 | ||||
c. | Jumlah Pemohon Informasi Publik yang Diterima : | |||
Tahun 2021 | ||||
Tahun 2022 | ||||
Tahun 2023 | ||||
Register Pemohon Informasi : | ||||
Tahun 2021 | ||||
Tahun 2022 | ||||
Tahun 2023 | ||||
d. | Waktu yang Diperlukan dalam Memenuhi Setiap Permohonan Informasi Publik : | |||
Tahun 2022 | ||||
Tahun 2023 | ||||
e. | Jumlah Permohonan Informasi Publik, Baik yang Dikabulkan Sebagian Maupun Seluruhnya : | |||
Tahun 2022 | ||||
Tahun 2023 | ||||
f. | Alasan Penolakan Permohonan Informasi Publik : | |||
Tahun 2022 | ||||
Tahun 2023 | ||||
15. Laporan Layanan Informasi | ||||
PPID Tahun 2023 | ||||
16. Laporan Kinerja | ||||
Tahun 2023 | ||||
17. Berita Institusi | ||||
18. Agenda Kegiatan Institusi | ||||
Padang- Dekan beserta jajaran pimpinan Fakultas Teknik melepas mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Andalas sebagai Finalis Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) ke Universitas Teknologi Sumatera (ITERA) pada hari Selasa tanggal 19 September 2023 di Ruang Siang Dekanat Lt. II Fakultas Teknik Unand.
SOP-SOP K3L:
1. SOP Divisi Pencegahan Kebakaran Tanggap Darurat [Download]
2. SOP Divisi Kesehatan Kerja dan HI
3. SOP Divisi Manajemen K3
4. SOP Divisi Manajemen Lingkungan [Download]